2016-03-17

Asiknya blog di Blogger.com dan Wordpress.com

Wordpress vs Blogger
Ilustrasi dari tempelan berbagai sumber gratis

JagoBlog.com - Asiknya blog di Blogger.com dan Wordpress.com. Lihat dulu ilustrasi gambar yang saya buat diatas dimana pak wordpress bersalaman dengan mbah blogger, yang berarti 2 platform blogging terkemuka yang saling mengisi dengan keunggulan masing masing.
Mungkin banyak yang bertanya tanya mengapa sih si anu memilih Blogspot? ,atau mengapa sih si ini Menagapa sih memilih Wordpress?, Sama seperti saya diawal kenal dengan nama istilah Blog bingung 100%.

Sebenarnya layaknya manusia yang memiliki kelebihan dan kekurangan begitu pula Blogspot dan Wordpress mereka memiliki kelebihan dan kekurangan juga yang bisa jadi bahan pertimbangan sahabat Seru, Apa saja kelebihan dan kekurangan itu?

Catatan Sebelum lanjut baca:

Artikel ini bukan untuk menjelekan atau merendahkan salah satu dari dua ulasan dibawah ini. Tulisan ini pribadi murni dari isi hati penulis yang sudah mencoba kedua platform ini masing masing dalam ukuran jangka waktu (tahun) yang sama.
BACA JUGA :

Wordpress.com

Beberapa kelebihan unggulan dari wordpress
  • Mau gak ribet pasang pasang , gonta ganti template? mungkin Wordpress adalah pilihan terbaik untuk sahabat yang bertipe seperti itu. Karna di Wordpress ada sangat banyak ratusan bahkan jutaan template GRATIS maupun BERBAYAR yang langsung ditawarkan ketika ingin mengganti template, tentunya dengan kelebihan dan kekurangan masing masing yang gratis dan berbayar itu.
  • Mau widget/ gadget (blogger) yang selalu ter update sesuai perkembangan zaman? Maka di wordpress.com adalah pilihan tepat.
  • Pengaturan dari status terbit menjadi draft . Ya mungkin yang ini ajaibnya wordpress ketika sahabat sudah post artikel kemudian ingin menariknya kembali maka status terbit bisa sobat langsung ubah menjadi draft tanpa menghapus post ang sudah terbit tersebut.
  • Melihat Pengunjung situs dan aktifitas pengunjung dengan mudah , Jika sahabat ingin melihat statistik pengunjung, berapa jumlah suatu link diklik, maka wordpress memudahkan itu semua pilihan sahabat langsung ada di beranda/dashboard blog wordpress.
  • Yang ini mungkin sangat bermanfaat bagi sahabat yang ingin menulis post/tulisan/catatan yang di proteksi password nah di Wordpress ini bisa sahabat, caranya pun sanagt mudah tanpa harus memahami/menulis codng/program tertentu.

Lalu bagaimana dengan Blogger.com?

Blogger.com

Blog dengan domain .blogspot adalah versi dari blogger.com , dengan menggunakan ini sahabat juga bisa ngeblog ria layaknya di wordpress, namun ada kelebihan tertentu di blogger.com apa saja itu?

  • Terhubung langsung dengan layanan adsense. Ya inilah keistimewaan blogger yang utama menurut saya yaitu adanya menu adsense di bawan blogger. Baca cara mengaktifkan menu adsense di blogspot
  • Bisa di edit sesuai kemauan si pengguna, dengan memperbolehkan mengedit HTML di post maupun secara keseluruhan membuat tampilan blogspot menjadi kaya dan tidak terpaku oleh penyedia jasa jual beli template blog.
  • Tampilan Menu yang tetap klasik tapi tetap menarik dan kaya fitur, mungkin untuk sebagian orang ada yang mengatakan bahwa gaya blogger.com monoton tapi menurut sya pribadi tampilannya tidak monoton tapi lebih kepada memperkaya fitur.
  • Kaya fitur dan mudah untuk di modifikasi sendiri. Bagi yang ingin belajar edit edit HTML mungkin blogger adalah tempat yang baik sahabat.

Bagaimana dengan kekurangan ?

Saya tidak tahu kekurangannya karena sama sama meliki fitur yang bisa menarik banyak orang di dunia menggunakannya.

Bagaimana dengan pendapat sobat apakah berbeda ?

sumber sumber gambar dari colourbox, wordpress.org dan google search

Artikel Terkait

Asiknya blog di Blogger.com dan Wordpress.com
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

1 komentar:

Wednesday, August 17, 2016 delete

saya sependapat dengan admin jagoblogcom.

Reply
avatar

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.