2016-05-10

Blogger Harus Tahu Apa itu CTR, RKT, CPC, BPK, PPS?

Blogger Harus Tahu Apa itu CTR, RKT, CPC, BPK, PPS? dan Instilah Google Adsense lainnya

JagoBlog.com – Apa itu CTR atau RKT, Apa itu CPC atau BPK? Dan istilah lainnya yang seharusnya jika sobat seorang blogger harus tau apa itu semua, karna semua itu adalah istilah penting ketika sobat mulai atau ingin memulai menghasilkan dari Google Adsense.

Ya Google Adsense sekali lagi masih menjadi program Pay Per Click idaman serta icaran blogger di dunia bahkan di Indonesia, dan bahkan kini Blogger di Indonesia sudah sangat kesulitan untuk mendapatkan hasil dari Google Adsense terutama dari Blog maupun Situs karna terkendala sulitnya mendaftar Adsense.

Semoga visitor saya sudah bisa menghasilkan dari Google Adsense, atau yang belum ada baiknya sobat harus tau istilah penting di dalam Google Adsense itu sembari memperluas ilmu pengetahuan sobat di dalam dunia internet to money.

Ada beberapa istilah penting yang sobat harus ketahui, dan akan JagoBlog.com jelaskan, yaitu tentnag Mitology : Page View, Click, CTR, CPM, Fraud Click dan Istilah lainnya dalam Bahasa Indonesia.

Page View atau Tampilan Laman

Page View dapat dikatakan sebagai: Tampilan Laman Blog yang berhasil membuka iklan secara sukses, atau menampilkan iklan dalam keadaan baik (tampil sempurna), Dimana Tampilan Laman yang dimaksud tidak bergantung pada berapapun banyak iklan yang sobat pasang dalam satu halaman blog.

Misal blog sobat menampilkan 2 Iklan sekaligus dalam satu halaman blog maka tetap dihitung satu Page View (Tampilan Laman) dan juga Page View akan berpengaruh pada Page Impression (perhitungannya 1 tampilan laman = 1 Page Impression).

Click atau Klik

Sudah sangat jelas pengertiannya adalah berapa jumlah klik yang di berikan visitor kepada suatu blog, dan klik inilah yang menjadi uang nantinya, dan masuk ke rekening sementara sobat, yaitu Dashboard Google Adsense.

CTR atau RKT

CTR (Click Throught Rate) atau istilah dalam bahasa Indonesianya RKT (Rasio Klik per Tampilan laman), sudah jelas merupakan perbandingan Rasio Antara Jumlah Klik dan Jumlah Tampilan Laman (Page View).

Dimana perhitungannya sebagai berikut:

Jika ada 2 Klik Iklan dan Tampilan Laman 200 maka (2/20) x 100% = 1%

dimana jumlah klik yang tidak berimbang akan meningkatkan status adsense sobat pada status calon banned. Karna RKT atau CTR yang paling aman itu adalah dibawah 5 persen menurut banyak pendapat.

Lalu bagaimana dengan nilai diatas 5 persen? Atau sampai hamper 100%? Sebenarnya tidak selamanya berbahaya, karna bisa jadi terkadang sobat mendapatkan klik tetapi tampilan laman sobat sedikit, hal itu wajar wajar saja menghasilkan nilai RKT bengkak. Tetapi Jika lebih dari 100%? Sudah pasti dapat dikatakan 100% melakukan tindakan curang.

Maka itu Google Adsense memberikan Aplikasi Adsense di PlayStore agar sobat selaku publisher bisa memantau Adsense sobat dengan baik.

RPM atau PPS

Disinilah letak motivasi sobat seharusnya meningkat untuk meningkatkan visitor Blog sobat. Karna RPM (Revenue Per Thousand Impression) atau PPS (Pendapatan Per Seribu tayangan) ini menunjukan hasil pembagian jumlah pendapatan kita dari Google Adsense per seribu tanyangan iklan yang muncul.

Contoh: Sebagai contoh, sobat menghasilkan dari adsense $100 dalam 25.000 impressi/ tayangan, maka akan memiliki nilai CPM sebesar?

Rumus : jumlah penghasilan / (impresi/1000)

100/(25000/1000) = 4$

Dimana jumlah ini akan masuk sebagai penghasilan sobat juga nantinya.

CPC atau BPK 

Cost Per Click atau Biaya Per Klik adalah nilai rata rata yang sobat dapatkan dari visitor sekali klik iklan. Untuk meningkatkan CPC maka tergantung nilai CPC yang di berikan si pengiklan ada nilai yang 0 bahkan 10$ Sekali klik.

Estimated Earning atau Taksiran Penghasilan

Kalau yang ini seharusnya tidak perlu lagi JagoBlog.com sampaikan karna inilah yang menampilkan penghasilan sobat dari proses CPC, serta PPS.

Fraud Click

Fraud Click atau sering dikatakan Invalid Click Adalah sesuatu yang sobat hindari, karna dari fraud click akan memberikan penghasilan kotor untuk sobat, dimana semakin tinggi fraud click maka akan semakin tinggi terkena banned, jika nilai dari fraud clicknya masih wajar,hasilnya tidak akan dikeluarkan sebagai earning/penghasilan sobat walau tertulis di taksiran penghasilan.

Wow saya rasa tulisan ini amazing jika nantinya sobat benar benar menghasilkan dari Google Adsense pengetahuan ini akan bermanfaat.

Nantikan artikel lainnya seputar money internet dan Google Adsense hanya di JagoBlog.com

Artikel Terkait

Blogger Harus Tahu Apa itu CTR, RKT, CPC, BPK, PPS?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

19 komentar

Tuesday, May 10, 2016 delete

Ane awalnya gak terlalu ngerti sama istilah-istilah di atas gan. Tapi simulasi yang agan bikin membuat ane lebih mudah memahami.

Semoga aja pas akun adsense ane disetujui, ilmunya bisa diaplikasikan untuk menghitung penghasilan sebagai publisher. Doain ya gan

Reply
avatar
Ran
Wednesday, May 11, 2016 delete

Wih aku gak ngerti beginian...
tapi lumayan ngerti sekarang setelah baca ini :D
blogku sih gak pake iklan iklanan...maklum masih baru :D eheheheh

Reply
avatar
Wednesday, May 11, 2016 delete

Amiin sob, saya rasa tidak ada alasan website sobat d tolak google adsense.tinggal frekuensi updatenya aja yg d atur

Reply
avatar
Wednesday, May 11, 2016 delete

Iya bersih blog kamu enak d lihat gk pake iklan juga gpp gk harus asal itu dari keinginan mu ran (y)

Reply
avatar
Friday, May 13, 2016 delete

Wah..ini dia yg saya cari2..soalnya masih awam gan

Reply
avatar
Saturday, May 14, 2016 delete

Awam adalah langkah awal menjadi ahli sob!

Reply
avatar
Tuesday, June 07, 2016 delete

min,saya punya blog
pas mau masuk edit template selalu tegang/hang
jadi saya gk bisa edit html
ada yg tau solusinya min ??

Reply
avatar
Saturday, June 11, 2016 delete

Wah kejadian seperti itu jarang terjadi (out of topic) tapi saya coba jawab mungkin bisa membantu: penyebab bisa jadi 1. Internet lambat dan coba gunakan wifi atau browser usang dan perlu di update. Semoga bisa membantu

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

punya saya klik sekali cuma 200 rupiah tapi kok rpm nya bisa nyampe ratusan ribu ya -_-

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

RPM (Revenue Per Thousand Impression) wajar sob yang perlu sobat lihat per kliknya aja tiap hari pantau :D

Reply
avatar
Monday, November 14, 2016 delete

Makasih Bg atas ilmunya, meskipun setelah baca saya masih kurang ngerti dan ada muncul perasaan rada takut hehe, soalnya saya baru daftar adsense, dan sekarang masih tahap review, ditambah saya masih orang awam tentang blogger,
Tapi yg pasti terimakasih udah mau membagi2 ilmu 😊😏

Reply
avatar
Thursday, November 17, 2016 delete

Memang kalau masih belum punya account sendiri belum menerti, namun insha Allah jika sudah berhasil diterima AdSense, sobat bakal paham sendiri. Moga Sukses ya sob!

Reply
avatar
Sunday, January 29, 2017 delete

ada yang tau berapa pendapatan tertinggi adsense blogger yang menggunakan blog berbahasa indonesia, biasanya sangat rendah... apakah ada yang di atas 30 jt per bulannya?

Reply
avatar
Sunday, January 29, 2017 delete

Selama main google adsense baru ini tau artinya kata" itu.. hehe
Kudet banget ya brarti ane..

Reply
avatar
Sunday, February 05, 2017 delete

Untuk blog baru seumur jagung biasana pendapannya tentu rendah.. ditambah kualitas konten masih belum mumpuni.. Mungkin ada sob, tapi ya gak di publish ya , privasi itu mah :D

Reply
avatar
Sunday, February 05, 2017 delete

Wah sesepuh nih di google adsense , mudah mudahan bisa berbagi di jago blog ya ;)

Reply
avatar
Thursday, February 16, 2017 delete

penjelasannya lebih mudah dipahami , thankyou gan,.

Reply
avatar
Thursday, February 16, 2017 delete

penjelasannya lebih mudah dipahami , thankyou gan,.

Reply
avatar

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.