2016-06-10

Antara Google AdSense dan Syariat Islam


JagoBlog.com – Google Adsense memang selalu menjadi primadona di kalangan blogger dunia, dimana dari hanya menulis blog sesuai passion saja, bisa menghasilkan pundi dollar, tak memandang besar kecilnya yang mampu dihasilkan, karna semua itu tergantung passion dan niche blog masing masing.


Namun jikalau menulis blog sekaligus menghasilkan dari Google Adsense malah menimbulkan dosa bagaimana? Masihkah sobat masih menggunakan Adsense atau meninggalkan begitu saja dan beralih ke program Internet Market for Blogger lainnya?

Karna tak bisa dipungkiri antara Pihak Google Adsene, Pemasang Iklan Adword dan Publisher Adsense ada sesuatu yang menganjal seputar iklan yang ditayangkan adsense terkadang bertentangan dengan keinginan publisher.

Seperti munculnya iklan adsense dengan tema : perjudian,love and dating, pinjaman uang berbunga, dan hal lain sebagainya.

Untuk sebagian blogger mungkin hal ini tidak masalah, namun untuk sebagian publisher lain ini sangat bermasalah.

Publisher yang bagaimana yang menganggap itu sebagai masalah? Tentu blogger yang beriman kepada Allah SWT.

Karna dalam sebuah hadits shahih yang artinya :

Wahai orang-orang yang beriman, makanlah dari rizki-rizki baik yang telah Kami (Allah) karuniakan kepadamu.” Selanjutnya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menyebutkan seorang lelaki yang berpergian jauh, hingga penampilannya menjadi kusut dan lalu ia menengadahkan kedua tangannya ke langit sambil berkata: ‘Ya Rab, Ya Rab,’ sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan dahulu ia diberi makan dari makanan yang haram, maka mana mungkin permohonannya dikabulkan.” (Hadist Riwayat Muslim)

Dari hadist diatas, Ibnu Rajab menjelaskan bahwa adanya hadits ini terdapat sebuah isyarat penting. Apa itu?

Suatu amalan perbuatan yang baik tidak akan diterima dan tidak berkembang/menjadi amal jariah kecuali dengan suatu proses yang halal. Dan sesungguhnya memakan makanan haram dapat merusak dan menjadikan amalan tidak diterima.

Begitu juga dengan para pemilik blog, dimana di blog tersebut kita menulis informasi penting, membantu orang dengan artikel kita, namun dilain sisi sang blogger juga menebarkan sesuatu yang tidak baik untuk pembaca nya dengan menampilkan konten yang dilarang dalam agama Islam.

Tentu sobat tidak mau bukan mendapatkan rezeki seperti itu? Kemudian apa solusinya? Apa harus mencari program lain? Tidak menampilkan iklan sama sekali?

Solusi Meminimalisir Kesalahan Adsense Menjadi Halal

Bukan Jago Blog namanya jika tidak memiliki solusi sama sekali. Untuk meminimalisir rezeki yang didapat haram, dan menjadi berkah, Maka solusi yang tepat ialah memfilter advertiser atau pengiklan yang kurang baik menurut islam.

Berikut tutorialnya :
  1. Login ke akun Adsense (mode classic).
  2. Klik tab allow & block ads.
  3. Pilih tab advertiser URLs.
  4. Masukkan URL iklan.
  5. Kemudian klik button block URLs.
  6. Klik tab sensitive categories.
  7. Ubah semua status allowed menjadi blocked.
Atau agar lebih jelasnya sobat bisa lihat gambar berikut.

cara memblokir iklan adsense murahan dan melanggar agama
Step 1 2 3 4 dan 5 

turn off bird control and social casino games
Step 6 dan 7
Begitu mudah bukan sobat? Semoga kita menjadi blogger yang sukses lagi beriman. Dan Nantikan Artikel Update Seputar Adsense hanya di JagoBlog.com

Artikel Terkait

Antara Google AdSense dan Syariat Islam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

1 komentar:

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.