2016-07-02

Pengertian Web Portofolio Lengkap dengan contohnya

pengertian web portofolio dan cara membuatnya untuk bisnis

JagoBlog.com - Pernah dengar jenis situs atau jenis blog portofolio? Apa itu sebenarnya web portofolio? Apa saja fungsi serta keuntungan memiliki web portofolio? Bagaimana membuat tampilan blog/web portofolio? Simak ulasan lengkapnya yang telah Jago Blog sajikan secara lengkap dan simple dibawah ini.

Web portofolio kini sudah menjadi salah satu trend, terlahir dari web profil perusahaan, kini berkembang menjadi sesuatu yang disebut web portofolio.

Web portofolio ini memiliki ciri khas terdiri hanya satu halaman statis yang sudah mewakili seluruh isi dan tujuan pemiliki blog tersebut. Karna hanya memiliki satu halaman penuh tentunya di desain dengan tampilan aktraktif dan mengesankan dari atas hingga akir postingan, sehingga menarik untuk dibaca.

Biasanya jenis blog seperti ini menuliskan lengkap pekerjaan yang dilakukan sampai contact pemilik situs. Tujuan dibentuk satu halaman tentunya membuat pengunjung yakin dan fokus terhadap pekerjaan yang si pemiliki web lakukan.

Perlu diketahui walau ciri khas nya memiliki satu halaman statis lengkap (misal pekerjaan, layanan, biografi, kontak, dan lainnya) namun tidak menutup kemungkinan memiliki halaman lain dikategori kategori tertentu.

Nah apakah sobat seorang yang berprofesi sebagai seseorang yang menghasilkan karya maupun produk? Maka gunakanlah jenis blog yang satu ini untuk mempublikasikan karya gemilang sobat.

Tujuannya bukan hanya ajang pamer, tetapi dibalik itu, ya.. mana tau ada seseorang nyasar ke web sobat dan tertarik setelah melihat karya maupun produk sobat lalu membelinya.

Tidak terbatas sampai disitu, terkadang ada juga perusahaan yang menginginkan seorang pelamar yang mengajukan lamaran secara online salah satu syartanya portofolio diri, nah dengan melampikan halaman web portofolio disitu letak kesempatan untuk menunjukan seberapa hebatnya dirimu sobat.

Bagaimana contoh web portofolio?

Berikut Jago Blog berikan 2 contoh web portofolio agar sobat lebih memahami apa itu web portofolio.

James Lai Creative
 
Contoh template web desain

Salah satu contohnya yaitu situs web portofolio milik James Lai Creative yang menampilkan hasil karya web desain-nya. Jika kita mengklik gambar thumbnail kecilnya, maka akan terlihat gambar yang lebih besar.

Miniature Kapal

cara membuat situs minature kapal
Contoh situs miniature kapal

Nah jika contoh pertama dbangun dengan costum domain, yang ini adalah web portofolio pengerajinan miniature yang masih menggunakan domain gratisan berplatform blogger (alias .blogspot). Dengan tampilan lurus kebawah ditampilkan berbagai karya menarik serta spesifikasi yang bisa disuguhkan ke para pembaca.

Bagaimana cara membuat web portofolio?

1. Mengetahui Isi Wajib Web Portofolio

Perlu sobat ketahui apa saja isi wajib dari web portofolio itu ialah seperti yang dijelaskan sebelumnya yaitu halaman kontak baik itu email, nomor handphone, media social yang ada, deskripsi pekerjaan atau tentang kami, hasil kerja/ karya/ produk sobat, serta kebijakan lain yang sobat bisa lihat di web contoh yang telah disediakan.

2. Gunakan Template Layout Portofolio

Jika sobat tertarik untuk membuat blog atau web portofolio berbasis blogger, maka dibawah ini Jago Blog sediakan puluhan template blogger gratis,unik dan menarik, untuk membuat tampilan web portofolio sobat menjadi wah.

template portofolio blogger terbaik
Click Picture to Download

Sekian sobat semoga menambah wawasan dan membantu sobat untuk memahami apa itu web portofolio bagaimana contohnya dan cara membuatnya.

Artikel Terkait

Pengertian Web Portofolio Lengkap dengan contohnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

6 komentar

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.