2016-08-11

Daftar 20+10 Ekstensi Situs Popular Pengguna Internet Dunia Lifetime

Sudah tidak dapat dipungkiri perkembangan teknologi yang ada saat ini didukung oleh perkembangan internet yang pesat juga. Bahkan yang dulu word wide wide yang hanya ketahui adalah .com saja sudah sangat bervariatif, setiap Negara memilki ciri khas masing masing. Seperti salah satu situs resmi Indonesia diberi embel embel .id baik itu secara komersil dan situs formal pemerintah wajib menggunakan .id.

Begitu juga dengan platfrom blogger juga kita ketahui memiliki kebijakan akan berubah sesuai Negara misal dari blogspot.com ke blogspot.co.id jika di akses oleh IP Negara Indonesia.

Jauh dari hal itu ada yang menarik dari ekstensi tersebut, apakah domain hanya menggunakan .com saja?

Berikut ada ekstensi popular yang banyak digunakan di dunia (Best Seller istilahnya)

1. COM
Diurutan pertama ialah ekstensi yang merupakan singkatan dari Commersial (Indonesia : Komersil). Ekstensi domain ini diperuntukkan bisnis secara umum baik pada blog atau situs perusahaan maupun pribadi, maka daripada itu dapat dikatakan .com adalah ekstensi domain popular pertama dan paling banyak digunakan dan tidak memiliki aturan wajib memilikinya.

2. NET
Selain .com ada .net yang merupakan Singkatan dari Network/Networking yang memiliki arti Jaringan. Ekstensi domain ini diperuntukkan untuk nama-nama yang berhubungan dengan jaringan(networking), perusahaan komputer, internet, IT dan banyak lainnya. Akan tetapi umumnya penggunaan domain ini juga bisa digunakan secara bebas seperti .com, karna tidak ada syarat khusus memilikinya.

3. ORG
Org merupakan Singkatan dari Organization (organisasi). Ekstensi ini sangat tepat dan ditujukan untuk situs milik Organisasi, lembaga, atau komunitas tertentu, dan tidak ada syarat khusus memilikinya(Selain Uang).

4. BIZ
Ada alternative jika domain sudah ada yang punya yaitu .biz yang merupakan singkatan dari Business (bisnis, usaha). Walaupun BIZ bisa digunakan untuk jenis blog/website apa saja tapi lebih cocok untuk mereka yang berbisnis di dunia maya. Mungkin untuk beberapa situs penyedia domain .biz ada syarat khusus untuk menggunakannya.

5. INFO
.Info singkatan dari Information atau dalam bahasa Indonesia Informasi, jadi jelas bahwa peruntukan yang tepat untuk menggunakan .info adalah blog/website yang bersifat informasi saja.

6. TV
Kebanyakan orang mengira .TV memiliki singkatan Television, namun tahukah sobat pada awalnya .tv diperuntukan untuk negara Tuvalu, namun entah mengapa karna .tv lebih identic siaran televisi kini .tv lebih banyak digunakan pada blog/website yang berisi Entertainment seperti Television, Film, Streaming Online dan lainnya.

7. EDU
Singkatannya sudah jelas dari Education yang berarti Pendidikan, Untuk menggunakannya harus memiliki syarat tertentu misal jika di Indonesia harus memiliki identitas instansi, NPWP dan sebagainya.

8. GOV
.Gov merupakan Singkatan dari Goverment artinya pemerintahan, ditujukan untuk blog/website jenis lembaga dan instansi Pemerintahan. Namun di Indonesia sendiri gov tidak digunakan tetapi lebih ke go saja misal namadomain.go.id

9. INT
Singkatan dari International artinya internasional, ditujukan untuk blog/website jenis yang bersifat organisasi/kelompok internasional. Tentu ada syarat tertentu jika ingin memilikinya

10. SCH
Singkatan dari School artinya sekolah, ditujukan untuk blog/website jenis yang bersifat Lembaga pendidikan seperti tingkat SMK/SMA, SMP, SD, Madrasah dan lembaga sekolah lainnya. Misal smkn1batam.sch.id

Domain Name Server All word with population count
Nah selain 10 ekstensi domain umum diatas ada ekstensi domain yang menandakan geografi suatu wilayah atau lebih tepatnya Negara Popular Pengguna internet yang lebih dikenal dengan Domain Name Servers Apa sajakah ekstensi tersebut?

Dari laman Internet World Stats data update tanggal 30 juni 2016 lalu berikut 20 top country pengguna internet :

1. China dengan 721,434,547 Internet Users Aktif dengan ekstensi .cn

2. India dengan angka 462,124,989 Pengguna Internet Aktif dengan ekstensi .in

3. United States dengan angka 286,942,362 Pengguna Aktif dengan ekstensi .us dan .com

4. Brazil dengan jumlah user 139,111,185. Dengan ekstensi .br

5. Japan dengan pengguna internet aktif 115,111,595 dengan ekstensi .jp

6. Russia terhitung 103,147,691 pengguna internet aktif dengan ekstensi .ru

7. Nigeria cukup tinggi sebesar 97,210,000 dengan ekstensi .ng

8. Indonesia termasuk tinggi selalu sebesar 88,000,000 dengan ekstensi .id

9. Germany juga paling banyak penggunanya 71,727,551 dengan ekstensi .de

10. Mexico sebesar 69,000,000 dengan ekstensi .mx

11. United Kingdom sebesar 60,273,385 dengan ekstensi .uk

12. France/Perancis digabung seluruh bagian sebesar 55,860,330 dengan ekstensi .fr .gf .pf .tf

13. Philippines termasuk tinggi selalu sebesar 54,000,000 dengan ekstensi .ph

14. Bangladesh memiliki 53,941,000 Pengguna Aktif. dengan ekstensi .bd

15. Vietnam Cukup besar 49,063,762 dengan ekstensi .vn

16. Iran Memiliki 47,800,000 Pengguna Aktif dengan ekstensi .ir

17. Turkey Memiliki 46,196,720 Pengguna Aktif dengan ekstensi .tr

18. Korea, South / Korea selatan Memiliki 45,314,248 Pengguna Aktif dengan ekstensi .kr

19. Thailand terhitung 41,000,000 dengan ekstensi .th

20. Egypt/Mesir termasuk tinggi sebesar 33,300,000 dengan ekstensi .eg

 Note angka akan berubah sewaktu waktu.

Apa gunanya sobat mengetahui berbagai ekstensi domain diatas? Tentu sangat berguna bagi sobat pengguna/ web developer nantinya. Misal saja sobat ingin membuat sebuah tulisan karya bahasa inggris UK maka perlu memilih domain .uk nantinya misal blabla.uk.biz, atau situs komersil Indonesia blabla.co.id

Artikel Terkait

Daftar 20+10 Ekstensi Situs Popular Pengguna Internet Dunia Lifetime
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

1 komentar:

Thursday, August 25, 2016 delete

saya cenderung pengguna .com. hanya saja blog saya yang saya pakai .web.id dengan motivasi ingin saya publish di Indonesia saja. terima kasih admin jagoblogcom untuk infonya. mari kita tetap semangat....maju terus pantang mundur

Reply
avatar

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.