2016-10-05

Dari Cerita Kota ke Desa Tentang Indonesia Berkomunikasi

Siapa sih yang gak pernah dengar tentang apa itu Teknologi Informasi dan Komunikasi, sudah menjadi rahasia unik publik bahwa di era kini manusia tanpa teknologi informasi dan komunikasi, menjadi seperti manusia yang kudet. Karna ketinggalan informasi yang setiap harinya, ada ada saja informasi yang datang dari berbagai penjuru dunia dalam hitungan detik.




Semua informasi yang masuk ke smarphone, tablet, komputer jinjing (laptop/ lepi bahasa kerennya), terhubung ke suatu yang ntah orang awam hingga petinggi negara menyebutnya jaringan internet.

Hampir semua aktifitas manusia modern menggunakan internet, baik itu dari Wi Fi maupun paket data dari berbagai macam ISP, membuat perkembangan berbagai aspek menjadi lebih cepat, cepat, dan cepat lagi dari beberapa tahun lalu di bandingkan sebelum adanya teknologi informasi dan komunikasi secanggih dan secepat jaringan 4G dari XL.

Dibidang pendidikan dan riset penelitian saja, based on true story saya anak kuliahan faktanya lebih sering menggunakan internet untuk menyelesaikan tugas, bertanya kepada dosen, mengerjakan tugas secara online.


Perpustakaan Mulai Beralih...

Jika jaringan tiba tiba down dan deadline mengejar, saya seperti orang kelabakan mencari jaringan Wi Fi dan hal pendukung teknologi informasi yang sudah menjadi bagian dari 4 sehat 5 sempurna + koneksi internet cepat bahagia.

Terbayang saya dengan cerita dosen saya dahulu, untuk mencari informasi yang saat ini gampang saja ditemukan di literatur blog, situs, yang sudah diindex dengan rapi oleh mesin pencari, dibandingkan tanpa adanya mengenal koneksi internet butuh berhari hari untuk mencarinya di dalam sebuah buku yang tersusun api namun banyak dalam sebuah perpustakaan besar.

Saya tidak bisa membayangkan apa jadinya jika dunia saat ini tidak ada koneksi internet. Bahkan jika pemerintah Indonesia mencekal Internet?

Namun dibalik kecepatan informasi dan komunikasi saat ini, di daerah daerah tertentu masih ada yang belum mengenal apa itu teknologi komunikasi? Ya sebut saja daerah pedalaman.

Yang padahal...

Jika mereka mengenal dan pandai menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang saat ini saya gunakan, generasi bangsa Indonesia akan lebih jauh baik dari negara adidaya disana. Memperoleh informasi secepat kilat seperti sayadi kota, berkomunikasi dengan keluarga di kampung, dirumah, bertemu nenek, kakek, berbagi tawa yang akan membuat negeri ini semakin kaya akan kebahagiannya.


Ilustrasi Maskarakat Indoensia Berkomunikasi

Karna pada dasarnya untuk membangun negeri tercinta ini menjadi lebih baik, bukankah ditumbuhkan dengan kebahagian yang kuat?

#KitaIndonesia

Artikel Terkait

Dari Cerita Kota ke Desa Tentang Indonesia Berkomunikasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

2 komentar

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.