2016-04-10

5 Tips Wajib Sebelum Membeli Domain TLD


JagoBlog.com 5 Tips Wajib Sebelum Membeli Domain TLD. Domain TLD memang sangat popular di kalangan blogger, bahkan dari domain yang ada bisa menjadi ciri khas sebuah blog itu, bisa dikatakan domain situs atau blog bisa menjadi brand yang akan gampang diingat para pengunjung situs, & Terkadang menjadi niche atau tema dari semua isi postingan suatu situs atau blog.

Terlebih jika situs atau blog sobat berisi informasi yang benar dan bermanfaat bagi orang banyak. Tentu setiap harinya selain bisa mendapatkan berkah saling menolong juga bisa menghasilkan pundi pundi rupiah di kantong sobat.


Namun terkadang bagi sobat yang merasa masih penulis pemula ketika ingin membeli domain blog lupa akan hal hal penting selain nama unik yang akan menjadi brand popular nantinya.

Padahal ada kiat wajib dan sangat penting sebelum beralih dari domain gratisan bawaan penyedia platform blog ke Top Level Domain (TLD) , Jika nantinya tidak ingin menyesal di kemudian hari.

Apa 5 Hal wajib sebelum membeli domain TLD berbayar ?


1. Niat &Mengetahui Sebab Akibat Mengganti Domain


Pada poin pertama ini berhubungan dengan tujuan serta niat sobat ketika akan mengupgrade blog dan membeli domain berbayar.

Sudahkah dihati sobat tertanam nilai konsisten untuk selalu mengupdate isi artikel nantinya, adakah waktu sobat nantinya untuk mengupdate serta menjaga isi konten?

Sudah sadarkah sobat bahwa ketika sobat mengganti domain dengan cara mengupgrade ke domain TLD, tingkat kepopuleran blog sobat akan dimulai dari 0 kembali dan harus kerja keras kembali untuk menjadikannya sepopuler ketika masih berdomain gratisan ( .blogspot .wordpress dll ) .

Renungkan dahulu poin pertama ini Jika niat sobat sudah benar benar matang maka segera lanjut baca poin kedua.


2. Harga Perpanjangan Domain


Poin kedua masih akan berhubungan dengan diri sobat yaitu masalah ekonomi ( masalah keuangan ).

Sesuaikanlah dengan keuangan sobat saat ini dan prediksi tepat dimasa depan, jangan nantinya niat dan semangat blog sobat terbatasi dengan keuangan, sehingga ditengah jalan sebelum selangkah lagi menjadi blogger sukses, domain sobat sudah mati.

Sebagai gambaran perkataan saat ini dan prediksi masa depan ialah :

Saat ini harga domain blogger dengan ekstensi id ( blogger.id ) adalah Rp 10000,00-

Sedangkan harga perpanjangan per tahun : 495000,00-
Sanggupkah sobat membayar untuk satu tahun setelahnya dengan nominal sebesar itu ?. Ingat perhatikan baik baik poin kedua ini jangan sampai sobat berhenti ditengah jalan.
3. Penyedia Domain

Poin ketiga berhubungan apakah Penyedia domain maupun hosting yang akan sobat pilih adalah penyedia domain berbayar yang benar benar terpercaya?

Jika sobat ketahui ada banyak penyedia domain yang abal abal. Jangan mudah percaya begitu saja dengan mereka yang katanya menyediakan domain atau hosting murah berkualitas.

Bisa sobat bayangkan ketika sobat membeli domain dan hosting dari seseorang, namun tiba tiba domain tidak bisa di akses, server down, katanya maintenis lalu setelah beberapa hari mereka hilang tanpa jejak. Apa yang akan sobat rasakan?

Saran terbaik ialah, pilih saja penyedia domain maupun hosting terpercaya yang telah terbukti memiliki sejarah panjang serta pelayanan yang memuaskan. Misal saja di Indonesia sendiri ada IdWebhost atau RumahWeb.

4. Domain Dibanned Google

Poin ini sangat krusial dan sering dilupakan seorang yang akan membeli domain dan setelah membeli dan berhubungan dengan Google Adsense bisa bermasalah besar dan terpaksa sobat merelakan domain sobat tanpa penghasilan dari adsense dan tidak akan pernah diindex kembali secara maksimal oleh Google.
Sebelum sobat membeli domain cek lah terlebih dahulu selain apakah tersedia oleh penyedia domain juga tersediakah nama baik / sejarah baik domain tersebut terdahulu.

Cara mudah untuk mengetahui bahwa blog sobat itu sudah pernah dibanned oleh Tim Google Adsense atau tidak yaitu dengan cara memasukan website yang akan di beli disini kemudian cek apakah iklan muncul atau tidak atau sobat bisa mengikuti tutorial lengkap dihalaman berikut

BACA JUGA : CARA MENGETAHUI DOMAIN DIBANNED ADSENSE ATAU TIDAK

5. Nilai Domain dimata Google 

Ada dua jenis domain yaitu branding domain dan keyword domain, dimana kedua jenis domain ini memiliki nilai yang berbeda dimata google.

Branding domain contohnya seperti blibli.com atau elevania.com olx.com, jenis branding domain ini membutuhkan dana yang besar untuk memperoleh page one google. Kenapa ? Karena jika diperhatikan nama nama domain tersebut tidak ada hubungannya dengan isi dari konten yang disajikan di blog tersebut.

Dan untuk mempromosikannya sehingga berhasil diindex google secara cepat sangat membutuhkan dana yang besar bermiliaran, namun usaha akan sebanding dengan hasilnya.

Keyword domain contohnya caramemecahkanjerawat.sexy , caracepatmembuatadsense.co.uk, jika diperhatikan domain ini memiliki keyword pencarian yang biasa dicari di google.

Cara ini memudahkan untuk diindex google bahkan pada halaman pertama google pada awal ketika blogger booming, namun itu dulu, kini algorimta google sudah berbeda tidak bisa lagi seperti itu sobat, jika sobat paksakan maka nilai blog seperti ini dimata google adalah yang terendah.

Lalu ketika membuat domain, sobat harus bagaimana ? , Branding susah dan mahal tapi bernilai tinggi, Keyword mudah dan murah tapi bernilai rendah.

Pilih saja setengah keyword setengah branding (Semi branding), contoh dua kata misal superjerawat.com , dimana super itu bisa jadi keyword atau brand dan jerawat adalah keyword. Jadi terlihat branding tetapi juga sebenarnya adalah keyword.

Bagaimana sobat sudah pahamkah apa saja yang penting sebelum inginmembeli domain TLD untuk blog sobat kini? Itulah tips lengkap sebelum sobat membeli domain TLD nantikan tips trik lengkap selanjutnya hanya di jagoBlog.com

Artikel Terkait

5 Tips Wajib Sebelum Membeli Domain TLD
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

1 komentar:

Tuesday, January 10, 2017 delete

termikasih bisa jadi bahan pertimbangan sebelum mengganti domain

Reply
avatar

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.