2016-07-29

Yahoo si Raksasa Email dibeli Verizon? sebuah Kesedihan yang Menginsipasi !

Sejarah singkat Yahoo yang mampu membuka jalan penggunaan Internet menjadi "mudah", kemudian Munculah Google dan facebook dan lainnya Yahoo pun tersingkir!.

Ada perasaaan senang sedih namun menginspirasi dari jatuhnya perusahaan Internet multinasional yang dianggap sebagai pencetus awal berkembangnya dunia internet.

yahoo menyerah dan dibeli murah oleh verizon
Ilustasi Yahoo by Verizon

Bagaimana tidak? dilihat dari kisah perjalanan Yahoo mulai jaya tanpa tandingan tahun 1998 menjadi website paling popular go internasional mencapai harga perusahaan 118 USD.

Sempat anjlok bersamaan dengan perusahaan internet dunia tahun 2001 sampai harga terendah yaitu 8 USD. Namun masih bisa bangkit melewati masa masa tersulit dengan ditandai dengan pindah kepemimpinan CEO Terry Semel (Mantan eks WB).

Lary page dan kawan kawan pun membawa Google dan datang kepada Yahoo untuk dibeli namun apa? Yahoo melewatkan kesempatan emas berduri ini. Google menjadi pesaing utamanya kini dalam urusan email dan mesin pencari.

Kemampuan Google untuk melihat masa depan dengan mengutamakan apasih maunya user? menjadi momok menakutkan bagi Yahoo.

Setelah kesempatan emas dilewatkan ternyata Yahoo belum bisa mengambil pelajaran dari keadaan terdahulu. Jujur saja sampai sekarang email masih sangat lama dibuka. pencarian yang kurang akurat bukan?

Kesempatan emas kedua tahun 2006, hampir saja Yahoo membeli Facebook. Namun Semel menurunkan tawaran dari USD 1 miliar ke USD 850 juta. Mark Zuckerberg yang kurang berniat menjual Facebook akhirnya tidak jadi menjual karna perilaku strategi Yahoo yang 'gak banget!'.

Waktu terus berlalu namun kesempatan Yahoo untuk bangkit menjadi yang nomor 1 amburadul, Semakin miskin inovasi, miskin kreativitas, dan hal itu tercium oleh microsoft yang sempat ingin membeli Yahoo sebesar USD 44,6 miliar, namun dianggap remeh CEO yang saat itu memimpin, dan tahukah bahwa setelah 3 tahun Microsoft menawarkan hal itu kapitalisasi pasar Yahoo turun hanya USD 22,24 miliar.

Kini yahoo diakusisi pihak Verizon dengan harga USD5 miliar atau Rp65 triliun. Sangat Jauh bukan sob? Sedih namun menginspirasi itulah kata yang tepat untuk Yahoo dimata sobat yang sedang membaca artikel ini seharusnya.

Dari kejadian Yahoo sebagai salah satu raksasa tua, kita sebagai blogger pemula seharusnya bisa mengambil pelajaran. Pandai pandailah melihat peluang, jangan terlalu sombong, namun perbanyaklah inovasi berkretifitas dan ikutilah maunya user maka pemain lama bisa disingkirkan dengan pelan tapi pasti.

Artikel Terkait

Yahoo si Raksasa Email dibeli Verizon? sebuah Kesedihan yang Menginsipasi !
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.