2016-10-11

Inspirasi Soto Dayak, Memulai Bisnis di Usia Muda di Indonesia?



Sekolah TK, SD, SMP, SMA/K, setelah lulus dari SMA/K ada yang memilih berkerja di perusahaan-perusahaan yang mau menggaji dengan nominal tertentu,namun juga ada yang memilih melanjutkan kuliah sesuai minat (katanya).

Ntah karna bingung mau berbuat apa setelah lulus, atau memiliki tujuan tertentu dari hasil kuliah D3, D4, S1, Dsb tersebut?. Namun jika akhirnya setelah kuliah berkerja sebagai karyawan biasa, apa bedanya dengan lulusan SMA/K yang memiliki sertifikat khusus?

Datar dan sedikit frontal, namun itulah kenyataan, fakta, bukan hanya rumpi semata. Namun sudah menjadi rahasia umum sekolah-sekolah, dan kebanyakan perkuliahan rata-rata membentuk manusia pekerja bukan yang memperkerjakan alias pengusaha.

Pemuda menjadi pekerja? Itu baik, namun lebih baik lagi Pemuda menjadi Pengusaha, IYA atau TIDAK?

Sobat sudah tentu mengetahui bahwa saat ini lapangan pekerjaan di Indonesia semakin sempit, Perbandingan pembuka lapangan pekerjaan dan pekerja sangat jauh, sehingga timbul kemiskinan, pengangguran tersebar merata dari sabang sampai merauke.

Dan ini bulan Oktober sob!

Apa hubungannya Lapangan pekerjaan di Indonesia dengan Bulan Oktober?

Masih ingat dengan Sumpahnya Pemuda, yang jika dihitung dari 28 Oktober 2016 mundur 88 tahun, Pemuda Indonesia mengikrarkan cita cita bangsa Indonesia.

Bagaimana di tahun 2016? Masihkah kita hanya mengenang saja kata sumpah pemuda tersebut?

TIDAK! Ayo mulailah berusaha mengharumkan Indonesia!

Tidak harus memiliki prestasi ikut lomba olimpiade sains dan menang, ikut kontes robot dan menang, ikut lomba sepak bola dan menang. Jika sobat memiliki cita cita menjadi Pemuda Indonesia yang di harapkan bung karno dahulu, maka sobat bisa mulai mengisi kekosongan dan kebutuhan masyarakat Indonesia saat ini. Yaitu berusaha, berbisnis di bumi nusantara.

Berikut ada kisah inspirasi yang akan membuat sobat semangat membangun usaha di usia muda, jika sobat benar benar membaca dengan serius dengan sedikit bercanda.

Kisah ini adalah kisah true story, bukan from penulis, tetapi salah satu senior penulis yang mulai membangun usahanya di usia muda, dan dapat dikatakan usahanya kini cukup sukses dalam hitungan bulan.

Usaha tersebut adalah sebuah Usaha kuliner khas dan brand Indonesia banget… Coba sobat lihat koleksi foto di bawah ini.

Bisnis Kuliner SOTO DAYAK collection

Nama kuliner ini adalah SOTO DAYAK, kuliner khas Kalimantan yang di bawa ke kota Industri Batam beralamat di Tiban City Square Blok A1 No. 9 Kel. Tiban Kec. Sekupang. Batam.

Dimana Soto Dayak ini 100% halal karna pada dasarnya daging yang digunakan adalah daging ayam dan bumbu khas (resep) yang diberi ibu sang owner soto dayak itu sendiri.



Siapa Pemiliknya? Yaitu bang Yusri Adi Putra, atau kini lebih dikenal dengan nama Yusri SOTO DAYAK. Dirinya adalah alumni Politeknik Negeri Batam jurusan akuntansi, yang memulai merintis usaha kuliner nusantara, langsung sejak lulus dengan predikat cumlaude. (Bisa bilang Wow..).

Jika dilihat dari jurusan yang dipilih dan waktu ia merintis usaha ini agak rasanya kurang nyambung bukan? Bukankah seharusnya jika sobat adalah lulusan akuntansi akan menjadi akuntan di sebuah perusaaan atau membuka jasa akuntan untuk seseorang?

Menurut bang Yusri sendiri dalam seminar “get ready to be wealty” di Politeknik Negeri Batam beberapa waktu lalu sebelum tulisan ini saya rilis. Dirinya mengatakan bahwa keinginannya untuk memulai usaha, usaha apapun itu, tumbuh mulai sejak masa SMK dimana ia diberikan modal untuk usaha oleh abangnya untuk dirinya membayar uang SPP yang nunggak beberapa bulan.

“Dahulu itu saya mulai menjadi penjual pulsa atau lebih dikenal toke pulsa, dimana sistem jualan pulsa saya berbeda dengan kebanyakan orang, yaitu jika anda membeli 5000 maka harganya tetap 5000, darimana saya mendapat keuntungan? Saya menggunakan prinsip lempar jaring, dimana maksudnya saya memberikan harga murah dan tentu semua orang akan tau dimana beli pulsa harga paling murah bukan? Dari cerita mulut kemulut, semakin banyak yang beli kan semakin banyak untung bukan?”

Dimana sejak bang Yusri memulai usaha menjadi toke pulsa, cita citanya menjadi mantap menjadi pengusaha, usaha apapun itu tuturnya.

Singkat cerita dirinya semasa kuliah jurusan akuntasi, yang notabenenya dirinya adalah lulusan dari SMKN 1 Batam jurusan otomasi industry, dirinya cukup kesulitan untuk mengerti pelajaran akuntansi, namun berkat usaha dan doa, serta restu kedua orang tua semua menjadi bisa, walau dalam proses terkadang menyakitkan.

Pernah disuatu hari ketika dalam masa perkuliahan dan dalam masa jenuh, kawan-kawan kelasnya meminta dosennya bercerita nanti sudah lulus mau ngapain? Dosen tersebut bernama pak arif.

“Ketika pak arif, suatu ketika bertanya kepada kami semua dalam satu kelas secara satu persatu, dimana pertayaannya adalah sama, yaitu kalian jika sudah lulus nanti mau ngapain?” Tutur bang Yusri.

“Kebayakan dari mereka menjawab : Saya mau melanjutkan kuliah S2 di bla bla, ada juga yang ingin berkerja di perusahaan dengan ketetapan gaji sekian koma sekian JT” Lanjutnya.

“Namun ketika saya snediri di Tanya, saya menjawab : Saya mau usaha pak!” Kata bang Yusri.

“Usaha apa?” Jawab pak arif.

“Pokoknya usaha pak” Sambung bang Yusri.

“Modalnya dari mana? Mending kerja dulu deh Yus” Nasehat pak arif.

“Saya tidak tau pak, pokoknya saya mau langsung usaha” Akir kata bang Yusri.

“Yaudah deh terserah kamu” Akir kata pak Arif.

Setelah lulus bang Yusri membuktikannya dengan memulai usaha kuliner, dan bukan SOTO DAYAK yang ia rintis pertama, Tetapi es cendol dengan harga cukup mahal, namun ditambah inovasi pesan es cendol? gratis ongkos kirim.

Namun setelah menjalani usahanya menjual es cendol dengan harga yang cukup mahal, dan setelah di kalkulasi pemasukan dan pengeluaran tidak baik alias merugi dan akirnya bangkrut, ia menurut usaha cendolnya tersebut. Namun apakah bang Yusri menyerah?

Jawabannya Tidak!. Ia menemui dosen lamanya yang memberikan nasehat untuk berkerja saja, dengan tujuan meminta dicarikan pekerjaaan, namun hasilnya dosennya tersebut malah berkata.

“Hei yusri saya tidak bisa memberikan kamu pekerjaan, sekalipun lowongan itu ada”.

“Namun saya berkerja untuk mendapakan modal usaha pak, kalau saya tidak berkerja saya dapat modal dari mana” Jawab bang Yisri.

Seperti katamu “SAYA TIDAK TAU!, namun saya yakin kamu bisa, saya tidak akan memberikan kamu pekerjaan seperti kawan kawanmu, karna kamu sendiri yang berkata kamu ingin menjadi pengusaha dan saya ingin kamu buktikan perkataanmu..”

Dengan hasil nihil, Bang yusri mulai berpikir lagi dan memiliki ide untuk meminjam moda uang kesana kesini, dari kawan kawannya, dan ia mulai mencoba merintis usaha baru yaitu SOTO DAYAK ditempat yang sepi dengan harga yang murah karna modal yang di dapat sangat minim. Namun anehnya sampai saat ini masih bertahan dengan baik.

Kenapa? Kenapa kok bisa? Jawaban ini langsung dijawab bang Yusri seperti ini.

“SOTO DAYAK sendiri itu adalah brand, saya disini menjual brand dengan out of inovasi, yang maksudnya ketika kamu menjalani usaha kuliner, maka kamu harus keluar dari pergaulan dengan orang orang yang menyukai kuliner saja”

“Misal saya disini menerapkan system rusuh rusuh disini, yaitu dengan menyediakan papan tulis yang besar, dimana setiap pengunjung disini diperbolehkan untuk mencoret coret dinding sesuai keinginan mereka, seperti gambar ini”
Gambar 2 : Habis makan gak puas kalo belum foto bareng temen

“Dan terbukti mereka datang kesini bukan mau makan, tapi pengen coret coret dinding dan berfoto dengan coretan berseni mereka, kan sebenarnya gak nyambung yam au makan sama coret coret dinding? Tapi lumayannlah gak perlu sewa tukang dekorasi yang mahalan”.
Apalagi sambil ngeraiin ulang tahun disini
“Terlebih Jika ada yang sedang berulang tahun dan ingin merayakannya di SOTO DAYAK, maka akan digratiskan BEBAS DEKORASI!, dengan syarat tetap wajib membeli soto dayaknya he he”

”Selain inovasi tempat, brand, trand, tentu ada inovasi makanan itu sendiri, yaitu seperti gambar diatas. Di soto dayak sendiri tidak hanya menawarkan SOTO DAYAK saja, namun masih banyak makanan unik seperti spageti melayang yang rasanya unik dan pas untuk foto foto sebelum makan”

Flying Spageti at SOTO DAYAK

“Untuk strategi promosi tentu bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook dan instagram. Dan endorse gratisan, seperti misal ada cewek tjakep datang, kita fotoin, polwan tjakep kita fotoin dan share di sosmed, tau sendirikan power of sosmed itu bagaimana saat ini? “

Ditemani wanita cantik nan perkasa dari kepolisisan, masih gak mau makan ni di soto dayak?


Nah dari cerita true story diatas, untuk memulai usaha, bisnis yang bakal membuatmu sukses, hanya perlu modal yang sederhana yaitu dengan aturan mudah seperti berikut :

Rule 1 : JANGAN MENYERAH

Rule 2 : Ketika gagal, balik lagi ke Rule 1.

Dengan cara mudah tersebut, Insha Allah usaha sobat akan berhasil dan bisa membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, dan jika sobat ingin membuat inovasi atas usaha yang sobat rintis, maka kamu perlu membangun relasi bisnis out of topic dari bisnismu.

Misal sobat ingin usaha kuliner dan ingin orang orang datang ke tempat kamu dengan inovasi makan dapat giveway mainan pokemon misalnya. Maka kamu perlu membangun relasi dengan rekan bisnis penjual aksesoris pokemon, salah satunya kamu bisa menjumpai ribuan rekan bisnis yang terpercaya di Ralali.com B2B(Business to Business) Marketplace terbesar di Indonesia.

Disitu sobat akan menjumpai bisnisman dan bisniswomen muda Indonesia lainnya dengan sangat mudah. Jadi Ayo Usahawan Muda Indonesia isi #sumpahpemuda dengan inovasi usahamu dengan ide simpel, dan memberikan manfaat bagi orang banyak semudah kamu menjumpai rekanmu di #ralalib2bmarketplace dimana lagi kalau bukan di Ralali.com.

Artikel Terkait

Inspirasi Soto Dayak, Memulai Bisnis di Usia Muda di Indonesia?
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel kami ? Ayo berlangganan gratis via email

124 komentar

Tuesday, October 11, 2016 delete

Boleh juga..
Jadi pengen... Pengen makannya tapi :v

Reply
avatar
Tuesday, October 11, 2016 delete

Hahaha kirain mulai bisnis usahanya sob!

Reply
avatar
Tuesday, October 11, 2016 delete

Enak sob cobain dah itu ada alamatnya tapi di batam lo cuma di batam :D

Reply
avatar
Tuesday, October 11, 2016 delete

Wah, saya kebetulan belum pernah mencoba Soto Dayak. Bagus nih dijadiin referensi untuk buka usaha selanjutnya :D

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, October 11, 2016 delete

mau usaha tapi kalo gak ada niat buat usaha emang gak bakal jadi apa apa yak , padahal kuncinya jangan gampang nyerah doang.. :D

Reply
avatar
Tuesday, October 11, 2016 delete

sadissss jadi pengen nyobain soto dayaknya gan :D

Reply
avatar
Wednesday, October 12, 2016 delete

aduhh pagi pagi baca ginian jadi pengen makan dayak , ehh soto maksudnya

Reply
avatar
Wednesday, October 12, 2016 delete

Alhamdulillah jika sobat mengerti :D

Reply
avatar
Thursday, October 13, 2016 delete

Jadi pengen bisnis ni tpi bingung bisnis apa

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

Ke ralali aja sob mana tau nemu ide yang bagus :D

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

Pingin nyobain soto dayaknya gan.. 😂 sayang saya di surabaya 😫

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

Klik aja link nama pemiliknya sobmana au bisa di delivery order (Y)

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

Boleh juga tuh usahanya, soto nya juga boleh ;D

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

Ahaha iya sob semoga meninspirasi..

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

Jadi lapar...haha
Gan sharr templatenya dong :D

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

Trimakasih atas inspirasinya

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

bisa aja sih abis smk jualan.. tapi gw mending jadi freelance aja sih

Reply
avatar
Friday, October 14, 2016 delete

freelance+bisnis mantap juga tuh sob!

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Sangat menginspirasi gan, btw jadi laper gan. delivery bisa gk ya? ane di pekanbaru gan hehehe

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Langsung pesen sama orangnya aja sob https://www.facebook.com/sotodayak.yusri/ mana tau bisa :D

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Wahh bikin laper,pngen nyobain soto dayak,nya.

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Dateng saja gan jalan jalan ke kota industri Batam ;)

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Wuih mantab ini, masih jarang Bisnis kuliner Soto dayak.
BTW tulisannya panjang, bagus dan lengkap, semoga menang lomba :D

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Haha iyap begitu memang seharusnya. Amiin Ya Allah, Ikutan juga dong sob Lombok Blogger ;)

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Memulai sebuah bisnis harus punya niat yang kuat. Apalagi masih awal.

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Nice Info :D .. Jadi Pengen Makan Soto Nya Nih . Hehe

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Betul semua harus dari niat yang STRONG!

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

:) Ntar liburan ke batam aja @Iqbal

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Tunggu aja sob, pantengin blog ini terus ya suatu saat akan di share ;)

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

wih jadi pengen soto nih hehe

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Ada yg sudah coba soto banjar,,
kayaknya ga kalah enak sama sto neh,, heheh

FREE DRIVERS CANON
WIRELESS PRESENTERS ARCHIVE

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Wkwkwk soal rasa tergantung selera gan :D

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

bisa jadi motivator kewirausahaan nih, bahwa usaha bisa dimulai dari mana saja,

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Layak untuk dapat penghargaan pemerintah

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Ngipirasi banget nih artikel, jadi pengen buka usaha tapi kecil kecilan dulu gpp kali ya, gak langsung ke b2b marketplace ralalinya :D

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

blognya simple dan menarik, apalagi kontenya berkualitas. Saya suka

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Ya betul kata @alia mungkin maksud sobat motivasi kali ya ;), karna kalo motivator itu kan orang yang memotivasi, Alhamdulillah jika sobat termotivasi

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Kalau penghargaan penghargaan apa ya kira kira sob?

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Silahkan sob, semua berawal dari yang kecil toh :D , eh udah ngunjungungin ralali.com nya belum? :D

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Wah masih nongkrong disini aja ni @Malena Fendi ;) moga betah ya baca artikel artikel disini

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Terima Kasih Atas Infonya Gan ....

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

wow keliatannya enak min :D

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Memang enak sob di coba deh..

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

jadi laper nih :D
pingin makan :D

Reply
avatar
Saturday, October 15, 2016 delete

Yang jadi inspirasi banget itu loh spageti melayangnya, bikin orang jadi penasaran

Reply
avatar
Sunday, October 16, 2016 delete

Sinilah dateng ke batam :D

Reply
avatar
Sunday, October 16, 2016 delete

Haha penasaran dateng aja sob kemari (Batam)

Reply
avatar
Sunday, October 16, 2016 delete

Wahh kayanya menjanjikan bisnisnya

Reply
avatar
Sunday, October 16, 2016 delete

Sebenarnya enak bikin usaha sendiri dari pada kerja sama orang, tp entah kenapa, tiap kali orang mau bikin usaha sendiri pasti langsung terpikir "Bakal Rugi nggak ya" nice artikel

Reply
avatar
Sunday, October 16, 2016 delete

Menjanjikan atau tidak tergantung usaha diri sendiri, Tapi Bisa di tiru idenya sob dan di rebuild dengan inovasimu sendiri :D

Reply
avatar
Sunday, October 16, 2016 delete

Untung Rugi Belakangan sob! Jangan ragu ragu dalam melangkah, Ingat untung besar gak datang dari modal yang kecil :D

Reply
avatar
Sunday, October 16, 2016 delete

Alhamdulillah Jika sobat terinspirasi :D

Reply
avatar
Monday, October 17, 2016 delete

Jadi kepenen mbaknya ato apa ni :D

Reply
avatar
Monday, October 17, 2016 delete

Patut dijadikan contoh bagi muda-mudi untuk berwirausaha :)

Reply
avatar
Monday, October 17, 2016 delete

Blogger juga pengusaha , sabar dan terus menerus berusaha ada masa nya akan panen , seperti saya sekarang berusaha memfasilitasi untuk blogger pemula untuk mendapatkan atau memberikan komentar yang relevan , komentar relevan sangat di butuh kan ,
Terima kasih saran makan siang nya , kapan kapan di coba makan soto dayak .

Reply
avatar
Tuesday, October 18, 2016 delete

Semoga sobat termasuk Bisa mencontohnya ya sob :D

Reply
avatar
Tuesday, October 18, 2016 delete

atuju anda blogger uuga pengusaha, pengusaha digital ;)

Reply
avatar
Tuesday, October 18, 2016 delete

Memang benar, nyari kerjaan susah jadi mending bikin usaha sendiri ya.

Reply
avatar
Tuesday, October 18, 2016 delete

Yap biar bisa memperkerjakan orang lain juga nantinya #membantupemerintah

Reply
avatar
Df
Tuesday, October 18, 2016 delete

Pasti enak soto-nya, jadi laper nih

Reply
avatar
Tuesday, October 18, 2016 delete

sekarang kebanyakan semakin tinggi pendidikan maka akan semakin besar gaji yang didapat

Reply
avatar
Tuesday, October 18, 2016 delete

Ada benernya sob, tapi kalau diterusin jadi kayawan biasa lalu siapa yang mau jadi bos kalau bukan para pembuka usaha di negeri ini? :D

Reply
avatar
Tuesday, October 18, 2016 delete

keliatannya enak tapi gaada yg jualan disini :"

Reply
avatar
Thursday, October 20, 2016 delete

Disini emang gk ada yang jualan gan kan disini blog :D kalo mau yud visit kepri :D

Reply
avatar
Thursday, October 20, 2016 delete

kalau boleh tau soto dayak itu hampir mirip kaya soto-soto lainnya engga ? terus ini tempatnya dimana ?

Reply
avatar
Thursday, October 20, 2016 delete

Soto dayaknya boleh juga gan, haha..

Reply
avatar
Thursday, October 20, 2016 delete

Mirip soto lainnya tapi sambalnya make sambal hitam untuk rasa di coba sendiri aja sob!, alamatnya ada tuh diartikel ;)

Reply
avatar
Thursday, October 20, 2016 delete

Aku orang Dayak aja baru tau ada soto Dayak. Pingin nyoba, tp sayang jauh. Bang Yusri buka cabang di Pontianak-Kalbar dong. Biar aku bisa mampir dan merasakan cita rasa soto Dayak nya

Reply
avatar
Thursday, October 20, 2016 delete

Wah gimana ya kalo nyoba soto dayaknya :D Greget kali yahh :D

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

Mantap gan bsia jadi referensi bisnis di daerah gua. Soalnya masih terdengar asing Nama SOTO DAYAK di sumatera Utara :)

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

emang enak bgt tuh soto daya, mantap pokonya

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

jadi pengen nyoba gan hehe

Reply
avatar
kiki
Sunday, October 23, 2016 delete

Baru tau kalo ada soto dayak...kirain yang khas soto lamongan, dan betawi.....

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

Kayaknya benar-benar menggiurkan tuh kuliner ya. Hal-hal seperti ini yang patut kita apresiasi. Melestarikan budaya daerah / budaya nasional serta membuka lapangan kerja baru.Salut sama orang-orang yang memiliki jiwa tersebut.

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

Benar sekali sob!, Mudah mudahan makin banyak pemuda Indonesia yang kreatif seperti owner SOTO DAYAK ini ;)

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

Beh pebisnis dateng nih , nyari ide ya mas ;)

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

Greget nyoret nyoret dindingnya kalo saya mah gan :D

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

wah sangat inspiratif sekali ini gan buat jd pengusaha bisnis makanan. tapi klo bisnis kuliner harus banyak ide ide yang unik biar nitizen tertarik dengan kuliner kita

Reply
avatar
Sunday, October 23, 2016 delete

Wirausaha makanan emang mantab !!

Reply
avatar
Monday, October 24, 2016 delete

Makannya gan di akir post saya kasih link yang bakal nambah ide serta kenalan DISINI B2B MARKET PLACE

Reply
avatar
Monday, October 24, 2016 delete

soto dayak itu cuma brand sob :D

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, October 25, 2016 delete

Wah soto ayak ini ada di Batam ya, jadi pengen nyobain. Soalnya dekat juga dengan Bintan :)

Reply
avatar
Tuesday, October 25, 2016 delete

Boleh dicoba nih untuk usaha,coba ah siapa tau sukses. makasih atas informasinya ya :D

Reply
avatar
Tuesday, October 25, 2016 delete

Iya sob dicoba saja dateng visiti to Batam , murah murah kok menunya :D

Reply
avatar
Tuesday, October 25, 2016 delete

Wah mau langsung usaha nih sob?

Reply
avatar
Tuesday, October 25, 2016 delete

Lihat Soto Dayak kelihatannya yummy banget nih hahaha.. tapi di balik penampakan soto dayak, cerita inspirasi pengusaha usia muda ini sangat bagus untuk memotivasi..

Reply
avatar
Tuesday, October 25, 2016 delete

Paling nggak kuat kalau mbaca review tempat makan yang cozy, sayang tempatnya jauh banget.Btw sangat inspiratif, moga-moga ada tempat yang bertema kayak gitu di semarang

Reply
avatar
Anonymous
Tuesday, October 25, 2016 delete

nice info gan

Reply
avatar
Thursday, October 27, 2016 delete

artikel yang menarik bisa jadi inspirasi bisnis nih


anggiputri.com

Reply
avatar
Thursday, October 27, 2016 delete

kalo usaha yang cocok untuk para pelajar apa ya gan ? pelajar rata-rata mau buka usaha terkendala di modal -.-

Reply
avatar
Sunday, October 30, 2016 delete

Cocok gak nya saya gak tau pasti, yg pasti tau dirimu sendiri sob :D

Reply
avatar
Sunday, October 30, 2016 delete

Alhamdulillah , terimaksih pendapatnya sob!

Reply
avatar
Sunday, October 30, 2016 delete

Amiin, kenapa gak masnya yg buat tu , kesempatan peluang besar :D

Reply
avatar
Sunday, October 30, 2016 delete

alah ga enak sotonya, soalnya gax ngajak saya :D kidding

Reply
avatar
Sunday, October 30, 2016 delete

Bagus artikelnya , berguna bagi yang diusia muda cuman tidur aja dirumah :D

Reply
avatar
Sunday, October 30, 2016 delete

Bulatkan tekad..
panjang bener gan.
jadi laper pngin soto .hehe

Reply
avatar
Thursday, November 03, 2016 delete

Haha pergi sendiri dong sob!

Reply
avatar
Thursday, November 03, 2016 delete

Mungkin pas tidurnya lagi mikirin ide buat usaha kali ya :3

Reply
avatar
Thursday, November 03, 2016 delete

bagus artikelnya ka, bisa jadi bahan inspirasi buat buka usaha yang unik nih dikota sendiri :)

Reply
avatar
Anonymous
Thursday, November 03, 2016 delete

Bisa buat inspirasi nih, buat usaha. ^_^

Reply
avatar
Thursday, November 03, 2016 delete

kayaknya enak tuh... bikin laper. ini nih yang cocok di jadikan inspirasi untuk berbisnis.

Reply
avatar
Thursday, November 03, 2016 delete

menginspirasi banget nih artikel nya,thanks info ya gan

Reply
avatar

1. Berkomentarlah layaknya budaya timur yang sopan
2. Komentar spam seperti : tidak relevan, iklan, berkata kotor akan dihapus.